Sepuluh Buah Tangan Khas Haji dan Umroh

Kamis, 23 Agustus 2018 - 08:56 WIB
Sepuluh Buah Tangan Khas Haji dan Umroh
Sepuluh Buah Tangan Khas Haji dan Umroh
A A A
Selesai menjalankan ibadah umroh dan haji di Tanah Suci, para jamaah biasanya akan meluangkan waktu membeli oleh-oleh bagi orang-orang tercinta di Tanah Air. Berikut buah tangan yang biasa dibeli jamaah paska beribadah haji maupun umroh.

Kurma
Buah yang identik dengan wilayah Timur Tengah ini menjadi buah tangan terfavorit. Ada banyak jenis kurma yang bisa dibeli, mulai dari yang bertekstur kering maupun basah.

Air Zam-Zam
Buah tangan ini menjadi spesial karena langsung berasal dari Tanah Suci dan tidak bisa ditemukan di tempat lain. Kemunculannya yang dianggap sebagai sebuah keajaiban, membuat air zam-zam dipercaya memiliki berbagai khasiat. Tak heran jika banyak orang memesan oleh-oleh air zam-zam dari para jamaah haji atau umroh.

Tasbih
Tasbih bisa dibuat dari berbagai macam material seperti kayu, batu, atau manik-manik. Fungsinya yang sangat besar, harga terjangkau, dan faktor praktis membuat oleh-oleh ini banyak dilirik para jamaah.

Kacang Arab
Kacang Arab ini biasanya menjadi oleh-oleh yang dijadikan satu paket bersama kurma dan air zam-zam. Kacang dengan ukuran kecil dan warna yang agak cokelat ini dihargai sesuai dengan kualitasnya.

Sajadah
Salah satu perlengkapan salat ini juga menjadi daftar buah tangan favorit bagi para jamaah. Sajadah yang dijual berasal dari Turki, Arab Saudi dan China mendominasi toko oleh-oleh. Berbagai jenis bahan, ukuran dan motif tersedia untuk menjadi buah tangan.

Kosmetik Arab
Buah tangan ini menjadi spesial karena langsung berasal dari Tanah Suci dan tidak bisa ditemukan di tempat lain. Kemunculannya yang dianggap sebagai sebuah keajaiban, membuat air zam-zam dipercaya memiliki berbagai khasiat. Tak heran jika banyak orang memesan oleh-oleh air zam-zam dari para jamaah haji atau umroh.

Mukena
Oleh-oleh ini tentu akan sangat berguna bagi yang menerimanya. Selain menjadi kenang-kenangan, mukena juga dari Arab memiliki motif tersendiri. Motif dan harganya juga bervariasi, tinggal dipilih sesuai dengan selera dan budget yang tersedia.

Jilbab
Pilihan buah tangan khusus untuk wanita lainnya adalah jilbab atau kerudung. Beragam ukuran jenis jilbab bisa dijadikan pilihan, seperti pashmina, kerudung langsung maupun kerudung segi empat.

Peci
Penutup bagian kepala untuk laki-laki ini menjadi oleh-oleh yang bermanfaat bagi penerimanya. Peci bisa dijumpai dengan mudah di toko-toko oleh-oleh.

Cokelat
Buah tangan ini disenangi oleh semua kalangan, baik laki-laki maupun perempuan dengan segala rentang usia. Cokelat Arab memiliki cita rasa tersendiri yang berbeda dari coklat dari negara lainnya. Selain cita rasa, kemasan dari coklat arab ini juga unik dan berbeda.

Rekomendasi Tempat Belanja Murah Di Arab Saudi

Pasar Bab Makkah
Pasar Bab Makkah berada di Suhaifa, di salah satu sudut kota Jeddah, Arab Saudi. Pasar tradisional ini buka setiap pagi dan tutup menjelang salat Dzuhur. Pasar Bab Makkah dapat dijangkau dengan mobil dari pusat kota, jaraknya hanya 10 menit.

Pasar Kurma Madinah
Jika Anda mencari kurma, Madinahlah tempat yang tepat. Di Pasar Kurma Madinah dijual berbagai jenis kurma dengan harga bervariasi, mulai dari 30 Riyal sampai 90 Riyal. Pasar Kurma Madinah terletak sekitar 60 meter di sebelah selatan Masjid Nabawi. Pasar ini dibuka sejak pukul 07.00 hingga 23.00 malam waktu setempat pada musim haji.

Pasar Zakfariah

Pasar “borong” atau Pasar Zakfariah terletak sekitar 1 kilometer dari Masjidil Haram, Makkah. Pasar tradisional ini menjual berbagai keperluan ibadah, termasuk perhiasan emas, jam tangan, dan barang-barang elektronik berupa telepon genggam.

Balad
Salah satu kawasan yang menjadi surga bagi pebelanja adalah Balad di Jeddah. Di Balad, harga jual setiap produk sangat bervariasi sesuai dengan kualitasnya dan bisa ditawar. Di antara toko-toko di Balad, Toko Ali Murah merupakan toko yang paling banyak didatangi jamaah haji Indonesia.

Haraj al-Sawarikh
Selain Balad, pusat belanja murah juga ada di kawasan Haraj Al-Sawarikh, sebuah los pasar panjang yang menjual aneka barang baru dan bekas.

Falestin Street
Jika Anda ingin berbelanja produk elektronik, Falestin Street tempatnya. Di kanan kiri jalan ini berjajar toko-toko yang menjual aneka merek telepon genggam, kamera, MP3, MP4, MP5 dan komputer jinjing beserta aksesorisnya.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3617 seconds (0.1#10.140)